Nasihat Beliau Untukku

Bersyukurlah kepada Allah pit. Keadaanmu wes enak banget isa kuliah, mondok, bantu di sekolah sekolah, berada di lingkungan yang tepat.

Jangan syirik pada Allah. Jangan menggantungkan apa2 ke orang lain, gantungkan ke allah, minta ke allah, ijin ke allah, minta ridho, tawakal, jangan mengandalkan manusia yg lemah, kamu akan kecewa.

Dirikan sholat, jaga sholatmu pit. Dan kuatlah, ajaklah temanmu keluargamu berbuat baik dan meninggalkan hal yang buruk. Dan bersabarlah atas apa yang menimpamu setelah itu. Memang akan selalu ada cobaan ketika kita berjuang dalam kebaikan, fa shobrun jamiil, sabar itulah jalan yang paling indah untuk dilalui. Sabarlah atas perintah Allah.

Jangan sombong pit, jangan sombong. Jangan kau palingkan mukamu karena kesombonganmu. Jangan kamu berjalan dengan angkuh dan membanggakan pencapaianmu. Jangan menghardik yang lemah, juga menghina yang tuna karena kamu merasa lebih bisa dan lebih berguna. Jangan angkuh, Allah tidak akan pernah menyukaimu jika kau terus begitu.

Hiduplah dengan sederhana pit, tak perlu kau banggakan ilmu, kedudukan, pencapaian, pekerjaan, maupun amal-amal yang kau anggap soleh. Tidak malu kah kau membanggakan amal dan apa-apa itu, sedang kesemuanya adalah hadiah yang diberikan allah padamu dengan cuma cuma? Hiduplah dengan rendah hati seperti pekatik yang diam dalam ketinggian ilmu dan kedekatannya pada Allah.

Jangan berkata dengan cara yang buruk pit. Jangan suka membentak orang lain, mencaci, menghina, terkadang kita tak tahu bahwa mereka jauh lebih baik dari pada kita. Jangan gampang melihat dari luarnya, jangan kau hakimi orang dengan apa yang dilihat oleh matamu, dan didengar oleh telingamu, mereka mudah mengelabuimu. Hanya Allah yang tau kedudukan seseorang di sisinya.

Maka lembutkan suaramu, bersabarlah dalam ujian. Dan ingat bahwa semua yang kamu lakukan didunia ini, sekecil biji sawi pun, Allah mengetahuinya. Takutlah pada-Nya, Cintai Ia, dan sekali-kali jangan kau sandarkan perkaramu pada selain-Nya. Ya, peganglah tali kokoh daripada-Nya.

Abatii, Luqmanul Hakiim.
Al Luqman 12-19


Comments

Popular Posts