CARA MUDAH MEMBUAT PENJELASAN MATERI SEPERTI DI TABLET DENGAN LIVEBOARD



                Beberapa hari yang lalu kanjeng romo minta bantuan saya untuk membuat materi kelas daring. Tema materinya adalah persamaan vektor, yang walaupun berkali-kali dijelaskan sudah pasti saya nggak bisa faham hehe. Awalnya saya ajak Bapak pakai edmodo agar mudah nanti kalau mau memberi soal dan memeriksa pencapaian siswa. Tapi mungkin bagi generasi kanjeng romo bermain edmodo cukup memusingkan. “Yaudah WA ae wes” akhirnya keluarlah statemen itu.
           Nah berhubung yang mau dijelaskan ini adalah materi matematika, kan ngga lucu kalau voicenote sambil bilang “coba bayangkan ada garis A dan garis B”. Bisa-bisa bayangan versi guru dan murid-muridnya ngga sama dong. Maka saya buka playstore dan mencari kira-kira aplikasi mana ya yang bisa dibuat njelasin materi sambil nulis di layar hp gitu dengan ngga ribet. Fyi, kalau hp kamu punya fitur Rekam Layar, terutama yang xiaomi nih, maka cukup install apk semacam whiteboard di playstore lalu gunakan aplikasinya sambil pencet rekam layar. Sedangkan bagi yang ngga punya fitur rekam layar bisa pakai aplikasi yang mau aku jelasin di sini.
             Aplikasi yang akhirnya saya pilih adalah LiveBoard, papan tulis kolaboratif untuk bimbingan belajar online, kerja, dan ruang kelas interaktif. Apa kelebihan Liveboard dari yang lain? Pertama karena dia adalah whiteboard yang juga punya vitur rekam layar. Kedua, fitur gambarnya lumayan, ada pen tool buat gambar, text buat ngetik teks, nambahin graphic, bisa nambahin foto maupun gride atau garis-garis di papannya. Ketiga, di sini kita bisa buat kelas diskusi bareng, jadi kita bisa invite orang lain buat ngelihat apa yang sedang kita gambar dan dia juga bisa ngasih edit ke gambar kita loh. Dan yang terakhir adalah kapasitasnya yang ngga terlalu besar sehingga ngga memperberat hp kita.
                Sekarang kita coba untuk membuat video rekaman dengan coretan-coretan penjelasan di layar. Pertama, buka playstore dan ketik LiveBoard, akan muncul gambar seperti ini.
Ini tampilan karena saya sudah instal ya, kalau kamu belum, maka klik instal.

                Kedua, seperti di aplikasi lain, daftarkan dulu dirimu dengan menekan tombol sign up dan mengisi biodata diri.
                Ketiga, mulailah menulis di papan. Caranya :
a.       Klik pojok kanan atas, kamu akan mendapati tulisan my group. Klik tombol + di sampingnya.


b.      Masukkan nama grup atau materi yang akan kamu ajarkan. Seumpama “MTK kelas XI” dan klik create.

c.       Grup yang baru kamu buat akan langsung muncul. Klik pada judul grup tersebut.

d.      Di pojok kiri bawah, klik tombol + dan pilih create board. Ini berarti kamu sedang membuat papan baru ya.

e.      Pilih apakah mau lanscape atau potrait, klik create.


f.       
Kamu sudah bisa menulis di papanmu

Selanjutnya, jika kita mau merekam materi maka ada dua pilihan dalam penyajian materi tersebut. Kamu bisa merekam papan putih kemudian menulis sembari membuat video, pilihan ini telah sukses membuatku bereksperimen menciptakan pen touch dari bahan sederhana hihi. kalau ini dirasa susah karena nggak ada pen touch maka kamu bisa mengambil materi dari foto untuk nanti dijelaskan, atau kamu mau mengetiknya manual terlebih dahulu sebelum kemudian merekam suara dan gambarnya. 
                Kita lanjutkan ya, cara merekamnya sesungguhnya sangat simpel. Tadi setelah kamu berhasil membuat papan baru (create board), lakukan beberapa langkah berikut.
a.       Klik di pojok kiri atas. Ada beberapa pilihan dan klik “Start Recording” lalu klik mulai/start.

b.      Layar otomatis sudah merekam, kamu bisa mulai pembelajaranmu.
c.       Jika dirasa sudah cukup maka klik kembali di pojok kanan atas dan klik “Stop recording”.

d.      Hasil videomu otomatis akan ada di grup. Klik tombol kembali di pojok kiri atas. Video akan terlihat jika kita klik di tengah bawah. Ada icon rekam di sana.

e.      Klik tanda titik tiga pada video lalu pilih berbagi dan pilih whatsapp
f.        Videomu sudah siap untuk dibagikan di kelas.
Sudah faham ya, gampang kok caranya jika dipraktekin. Yah ngga jauh beda lah sama whatsapp atau instagram. Cuma memang butuh pembiasaan saja.
Sebelum saya akhiri terimakasih ya sudah membaca, itu artinya njenengan adalah guru yang mau maju. Mau bersusah demi memberikan kemudahan pemahaman bagi siswa. Ngga ada balasan yang lebih berarti dari kepuasan sudah berusaha dengan maksimal itu sendiri. Ada sangat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran, maka mau mencoba-coba adalah hal yang sangat patut untuk diapresiasi. Selamat berjuang ya Pak dan Bu Guru, saya hanya bisa bantu seperti ini.


Salam hangat,
Dyah Ayu Fitriana, @fitriyesss
Magister Teknologi Pembelajaran  


Comments

  1. Ada hikmah dibalik wabah. .. ini salah satunya. Bkin kta jdi lbh update sma teknologi.

    ReplyDelete
  2. No update is death.. Wabah menuntut guru konvensional berubah jdi guru digital aheheh.. Banyak hikmah di setiap takdirNya. Ahaaaii

    ReplyDelete
  3. Terimakasih suhu, sangat manfaat buat kami yg awam

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sudah pernah mencoba...walaupun sekali dan belum terbiasa ....wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih ya udah baca, kuy komen

Popular Posts