PERIHAL RAMADHAN YANG KUSEMOGAKAN



Bisa jadi ini adalah kali pertama setelah bertahun-tahun, aku puasa di rumah lengkap dengan adik-adikku. Sepertinya tahun lalu orang tuaku harus menerima menghabiskan sahur dan buka hanya berdua, aku di Malang, adik pertama kuliah di kota seberang sedang adik terkecilku nyantri di bagian Kota Lamongan.

Aku seperti sedang dihadapkan pada doa-doaku di masa nyantri dulu. Duh kenapa si Ramadhan ngga di rumah aja, bisa sama keluarga, bisa makan enak (hihi teringat kesederhanaan semasa nyantri, sampai jatah lauk tempe pun hanya satu biji), bisa bobok sepuasnya hehe (kamu harus tahu gimana padatnya ngaji di pesantren semasa Ramadhan. Pagi, siang, sore, malem, sampai terkadang Ustad baca kitab, kita nyimak dengan tidak sadarkan diri, read: ngantuk). Apa yang dulu pernah kusemogakan, kini berada di genggamanku. Lalu, gimana rasanya?

Ternyata setelah melalui beberapa hari, kumpul dengan keluarga ada momen ngeselin macam berantem sama adek-adek seperti masa kecil, hihi. Makan enak? Ah bisa kupilih semua makanan yang kuingini, eh tapi makan sepiring berdua dengan teman di pondok itu juga nuikmat, belum lagi kalau salah satu santri disambang orang tuanya. Masyaallah rasanya anugerah luar biasa. Bayangkan, biasanya makan tempe, jadi ada satu variasi, entah ayam atau apa itu. Belum lagi makannya di lengser keroyokan. Betapa tiga suapan saja sudah seperti surga dunia.

Nah yang ketiga, bisa bobok terus? Ehm nggak juga wkwk. Sebagai perempuan yang udah gede, aku tentu punya tugas setara asisten ibuk. Nyapu, nyuci baju, nyuci piring, masak, siapin takjil, yang biasanya di pondok hanya seminggu sekali karena piket. Ini piketnya tiap hari guys! Bayangin wkwk.

Memang bisa banyak waktu istirahat. Tapi, akhirnya semakin faham, bahwa kesibukan yang super padat saat nyantri dulu, adalah cara yang super efektif buat ngajarin kita, Ramadhan itu langka! Nggak semua orang bisa nemuin bulan mulia ini, jadi manfaatin tiap detiknya.

Ramadhan di rumah aja jadi memutar otak, gimana aku bisa ngaji ya? Selain ngaji Al Qur'an. Online dong. Iya tapi pilihan juga sangat banyak, sinyal kadang ngga bersahabat, dan lagi waktu jadi tidak seleluasa ketika di pesantren.

Ini ngajarin banget sesuatu padaku. Bahwa menjadi sangat penting untuk menikmati dan memaksimalkan waktu 'kini' kita. Pikiran seperti 'andai masih di masa mahasiswa dan nyantri dulu' apa kita bisa balik ke masa itu? Enggak. Atau 'andai udah nikah, puasa sama pasangan' yakin sebahagia itu? Belum tentu juga. Bukankah banyak hal yang kamu semogakan yang ketika sudah kau dapat yah biasa-biasa aja.

Pengandaian-pengandaian terkadang menjadikan kita kurang menghargai apa yang sedang ada di depan kita. Kurang memaksimalkan kesempatan, yang berakhir penyesalan. So, sebelum semua itu terjadi, percaya aja bahwa apa yg kita alami saat ini, ya itu yang perlu kita lalui sebaik-baiknya.



Salam Hangat,
Happy Fasting Ya... 

Dyah Ayu Fitriana @fitriyesss


Comments

Popular Posts